Ngeblog – Antara Hobi, Persaingan, dan Tuntutan Hidup

Ngeblog…

Awalnya gue sendiri bingung apasih blog itu, gimana? buat apa? Pokoknya semua pertanyaan ngumpul jadi satu dan terus-menerus menghantui pikiran gue yang masih polos dan lugu ini (hehe..). Terus menerus gue cari tahu hal itu. Gue cari di mbah Google, di om Yahoo!! tanpa ada seorang pun yang bersedia menjelaskannya ke gue. Gue berusaha sendiri mencari tahu kegiatan macam apa itu.

Setelah beberapa bulan, gue pun sedikit dapet titik cerah. Ini hasil penelitian gue sendiri loh! So, bagi yang merasa nggak setuju yah nggak apa2 lah, mereka punya pendapat masing-masing mengenai hal ini.

Banyak motif yang membuat orang terjun dalam dunia blog ini, apakah itu karena hobi menulis, persaingan dengan teman sesama blogger, sampai dengan tujuan bisnis (tapi kebanyakan dari mereka tujuannya adalah ini). Bener gak…?

Bagi mereka yang menganggap blog adalah tempat untuk menuangkan appresiasinya, mereka akan senantiasa menulis segala sesuatunya tanpa mengharapkan adanya keuntungan bagi diri mereka sendiri. Mereka hanya punya satu tujuan mulia bagi diri mereka sendiri, yaitu hasil karya agungnya dapat dipublikasikan dan dibaca oleh orang banyak. Mereka akan sangat puas jika hasil karyanya dibaca oleh khalayak ramai, itu saja, tanpa mengharapkan dompet mereka terisi uang karena hal itu. Kaya’ gue nih (hehe..).

Menurut penelitian gue, orang-orang yang ngeblog karena hobby menulisnya ingin dipublikasikan, biasanya adalah seorang yang newbie alias baru. Mereka baru terjun dalam dunia komputer dan blog sehingga mereka tidak tahu menahu bahwa blog pun bisa menghasilkan uang bagi diri mereka sendiri. Tapi nggak sedikit juga yang memang karna hobby menulisnya, ia ngeblog tanpa tujuan bisnis meskipun ia tahu bahwa ngeblog bisa dibuat bisnis.

Ada lagi nih, ngeblog karena persaingan sesama blogger. Mereka yang expert dalam dunia blogger biasanya menggunakan motif ini juga dalam ngeblog. Mereka akan terus menerus mencari sesuatu yang berbeda dan yang terhangat agar artikelnya diminati oleh orang lain. Mereka akan mencari tahu apa saja yang paling banyak diminati dan dicari para netter2 di seluruh dunia. Contohnya saja, mereka mencari suatu keyword atau kata kunci yang saat ini tengah ramai dan digemari para netter, maka keyword itulah yang akan menjadi tema tulisan mereka berikutnya. Misal, pada search engine Google, kata yang paling sering dicari adalah “ganjar ganteng” (hehe.. missal aza..), maka kata/keyword itulah yang akan mereka bahas agar para pembaca mengunjungi situs atau blog mereka.

Nah, disinilah perbedaan ngeblog karena hobby dengan ngeblog karena persaingan. Mereka yang ngeblog karena hobby hanya akan memuat tulisan-tulisan yang berhubungan dengan hobby yang mereka tekuni. Masa bodoh tema itu tidak pernah ada yang mencarinya di search engine, yang penting dia telah menuangkan appresiasinya dalam sebuah tulisan. Merekan yang ngeblog karena persaingan akan senantiasa mencari dan terus mencari apa yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan sekarang, sekalipun bukan bidang mereka.

Tentunya ‘persaingan’ dengan ‘uang’ itu jaraknya sangatlah dekat. Untuk apa mereka terus mencari sesuatu yang sedang digemari tanpa ada tujuan. Mereka memuat artikel yang sedang digemari dengan tujuan menghasilkan uang. Benar kan…?! Kalo masalah caranya, gue nggak akan bahas disini. Anda bisa cari sendiri artikel mengenai hal itu di mbah Google ataupun yang lain.

Banyak para blogger (biasanya yang udah professional), menulis dengan tujuan mendapatkan uang, bahkan nggak sedikit dari mereka yang menggantungkan hidupnya pada ngeblog. Bayangin, ngeblog dijadikan pendapatan utama hidupnya…?!! Itulah yang dimaksud ngeblog sebagai tuntutan hidup yang ada pada judul tulisan ini.

Jadi, kalian punya sedikit gambaran kan dengan tujuan ngeblog, antara hobi, persaingan dengan tuntutan hidup dan berbagai motif lain yang memungkinkan seseorang untuk terjun dalam dunia ini. Jadi, kalian termasuk yang mana…?

Pesan gue: Do it, if you think you can…!!
SALAM GOMU-GOMU dari gue
-gaN-

3 comments

  1. gw nulis karena hobi tapi koq laku ya??

    huehehehe… 1700-an sekarang njar, khekhekhe…

Leave a Reply

