Torrent?? apa tuh..?

Dalam dunia internet sekarang ini ada banyak cara untuk mendownload file. Salah satunya yang populer saat ini yaitu dengan menggunakan torrent. Dengan torrent bukan saja kita dapat mendownload dengan lebih muda, tetapi juga bisa lebih cepat dibandingkan dengan aplikasi download manapun.Ada banyak keuntungan mendownload file dengan menggunakan torrent. Dengan torrent kita bisa mendownload banyak file sekaligus, bahkan tanpa takut bila koneksi internet kita putus, atau komputer kita hang, sebab file torrent didownload secara terpisah melalui pecahan-pecahan kecil (pieces) sehingga bisa untuk disambung kembali. File yang belum selesai di download bisa didownload di waktu lain. Bagi anda yang onlinenya dari warnet, anda bisa meninggalkan aplikasi utorrent mendownload secara otomatis sehingga anda tidak perlu menunggu sampai file tersebut 100% complete. Anda tidak ingin membuang biaya dan waktu yang banyak hanya untuk mendownload satu album lagu Linkin Park terbaru kan? Cukup jalankan secara otomatis dan anda tinggal mengcopynya jika sudah complete.

Mungkin anda masih bingung bagaimana cara kerjanya. Pertama-tama anda perlu tahu terlebih dahulu bahwa file torrent itu bukanlah file yang sebenarnya akan didownload. File torrent hanyalah file sementara yang berisi data link tracker dari file yang akan didownload. Dengan menggunakan aplikasi torrent misalnya utorrent atau BitTorrent, komputer kita akan dihubungkan dengan komputer-komputer yang menyadiakan file (seeder) yang akan kita download tersebut. Jadi kita mendowload file tersebut secara per to per. Semakin banyak per yang terhubung dengan komputer kita, semakin cepat proses downloadnya. Hal ini dikarenakan kita mendownload file tersebut dari banyak sumber, berbeda dengan cara download tradisional dimana kita mendownload file dari satu situs sehingg semakin banyak orang mendownload pada situs tersebut, semakin lambat prosesnya. Kira-kira secara sederhana seperti itu.

Bila anda ingin lebih memahami tentang torrent silahkan cari artikel atau informasi mengenai torrent di Google Search. Jika ingin segera mendownload silahkan baca petunjuk di postingan berikut.

4 comments

  1. bagus juga om nge-post topik yang kayak beginian, biar orang2 yang dodol soal beginian (contoh: gw, hehe) bisa ngerti…

  2. oooh, jadi yg gw pake di warnet deket rumah gw namanya Torrent ya? baru tau, tapi emang cepet, di fragmen dlu filenya sih, trus klo putus bisa dsambung lagi, hehe… tapi kadang2 juga ga bisa disambung >.<

    btw ini ng-copy lagi ya? hehehe… ktauan bahasanya bukan bahasa ‘Anda’~😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s